Pasar Oligopoli
merupakan salah satu jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Dimana pasar
Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual
yang memproduksi barang sejenis. Dalam pasar Oligopoli, setiap perusahaan yang
ada di dalamnya selalu bersaing. Persaingannya bisa berupa persaingan harga
atau persaingan produk. Untuk persaingan harga, biasanya mereka akan menawarkan
harga serendah mungkin atau bahkan memberikan potongan haga maupun hadiah
supaya para konsumen tertarik untuk membeli produk meeka.
Istilah
Oligopoli berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Oligos Polein yang berarti:
yang menjual sedikit. Hal ini disebabkan karena jumlah penjual dalam jenis
pasar Oligopoli memang tidak terlalu banyak. Paling tidak terdapat antara 10-15
penjual. Bahkan ada yang benar-benar hanya terdiri dari 2 penjual yang disebut
dengan pasar duopoli. Melihat sedikitnya jumlah penjual pada pasar Oligopoli,
persaingan yang terjadi di dalamnya sangatlah ketat. Sebuah perusahaan dalam
pasar oligopoli akan langsung melakukan reaksi bila perusahaan pesaingnya
melakukan tindakan yang mempengaruhi pasar.
Istilah
perang harga barangkali merupakan suatu hal yang biasa pada pasar oligopoli
ini. Adanya resiko yang cukup besar bila melakukan perang harga membuat beberaa
perusahaan memutuskan untuk melakukan kerjasama dalam penentuan harga. Sikap
cooperatif dalam menentukan harga ini akhirnya menggiring persaingan diantara
mereka dalam bentuk lain, yaitu persaingan non harga (non price competition).
Inilah yang mendasari dibedakannya bentuk pasar Oligopoli menjadi Oligopoli
ketat dan Ologopoli longgar.
Dari
sejumlah keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik bentuk pasar
Oligopoli adalah sebagai berikut:
- Hanya terdapat sedikit penjual di pasar. Sehingga keputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual yang lain. Efek reaksi tersebut pada gilirannya akan menimbulkan reaksi balasan bagi pesaing - pesaingnya
- Produk-produk dari perusahaan di pasar Oligopoli ini dapat distandarisasikan. Industri ini umunya dijumpai pada industri yang menghasilakn bahan=bahan mentah, seperti industri baja dan aluminium
- Terdapat pembedaan produk/corak. Semakin besar tingkat diferensiasi produk maka produsen semakin tidak tergantung pada aktivitas perusahaan - perusahaan lainnya
- Promosi iklan sangat diperlukan untuk persaingan. Dengan adanya iklan diharapkan akan menciptakan pembeli baru, namun yang terpenting adalah mempertahankan pembeli lama.
- Memungkinkan perusahaan lain untuk masuk ke pasar, namun prosesnya tidak mudah karena biasanya perusahaan besar memiliki skala ekonomis yang besar dalam melakukan kegiatan produksinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar