Sabtu, 07 April 2012

Pasar Monopolistik

Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsenyang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Meskipun produk yang dihasilkan sejenis, namun setiap produk yang dihasilkan tiap produsen pastimemiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya
(diferensiasi produk).
Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki cirikhusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasaldari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumentidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsenmenaikkanharga.Produsen dapat dengan leluasa keluar masuk pasar . Hal ini dipengaruhi olehlaba ekonomis, saat produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya cukup tinggi.Ketika produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar

            Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
             1) Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
             2) Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
             3) Para penjual memiliki kekuatan Pasar Oligopoli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar