Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak
produsenyang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam
beberapa aspek. Meskipun produk
yang dihasilkan sejenis, namun setiap produk yang dihasilkan tiap produsen
pastimemiliki karakter tersendiri yang
membedakannya dengan produk lainnya
(diferensiasi
produk).
Contohnya
adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni
untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen
yang berbeda memiliki cirikhusus, misalnya
perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.Pada pasar monopolistik, produsen memiliki
kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya
tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini
berasaldari sifat barang yang dihasilkan.
Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumentidak akan mudah
berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsenmenaikkanharga.Produsen dapat dengan leluasa keluar
masuk pasar . Hal ini dipengaruhi olehlaba ekonomis, saat produsen hanya sedikit di pasar maka
laba ekonomisnya cukup tinggi.Ketika produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka
pasar menjadi tidak menarik dan
produsen dapat meninggalkan pasar
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1) Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2) Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
3) Para penjual memiliki kekuatan Pasar Oligopoli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar